Thursday, 28 May 2009

Ilmu Genetika

Magister Ilmu Biomedik Konsentrasi Konseling Genetika UNDIP
Mencetak Konselor Genetika dan Profesional di Bidang Genetika *Korporatorial Pendidikan Pascasarjana

Dalam dekade terakhir ini, makin banyak penyakit genetika yang dapat diketahui diagnosisnya dengan baik dan lebih banyak jenis penyakit yang diketahui memiliki dasar atau berlatarbelakang genetika. Penyandang penyakit genetika dan keluarganya sering memerlukan informasi lengkap mengenai penyakitnya, terutama tentang bagaimana pewarisan penyakit ini dan bagaimana perkembangan penyakitnya di kemudian hari.

Dengan problema penyakit genetika yang meningkat dan jumlah penduduk lebih dari 200 juta, sampai saat ini Indonesia belum mempunyai tenaga konselor genetika profesional yang bekerja di rumah sakit dan institusi kesehatan lain, pemerintah maupun swasta. Mengingat para klinisi yang sering menemui kasus-kasus berlatar belakang genetik mungkin memiliki sedikit waktu untuk menangani aspek lain dari penyakit ini, peran konselor genetika ini sangat diperlukan.

Seiring pesatnya perkembangan ilmu penyakit genetika, telah dibuka peluang baru bagi lulusan S1 untuk menjadi profesional setingkat magister di bidang genetika. Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK-Undip) bekerjasama dengan Radboud University Nijmegen Medical Center (RUNMC), Erasmus Medical Center (EMC), Rotterdam, Belanda dan Monash Institute of Medical Research, Monash University, Melbourne dan Rumah Sakit Prince of Wales, Sydney, Australia; bersama dengan Program Pendidikan Pasca sarjana Universitas Diponegoro menyelenggarakan program Magister Ilmu Biomedik Konsentrasi Konseling Genetika pada tahun ajaran 2006/2007.

Program ini bertujuan menyiapkan calon tenaga terdidik yang akan berkarir di bidang konseling genetika dengan kemampuan pengetahuan, sikap dan ketrampilan klinis maupun laboratoris yang memadai. Lulusan program kelak dapat mengembangkan pengetahuannya di bidang klinik genetika (terutama bagi para klinisi), peneliti bidang genetika serta berkarir di bidang lain yang berhubungan dengan ilmu genetika.

Pada tahun akademik pertama ini, mahasiswa yang mendaftar telah menerima Beasiswa Unggulan Biro PKLN Depdiknas. Sekitar 40% dari mereka berhasil memperoleh beasiswa untuk melanjutkan studinya (twinning program) selama setahun di Radboud University Medical Center Nijmegen, Belanda. Program magister ini didukung oleh para dosen dan tutor yang merupakan ahli genetika, profesional dan klinisi dalam bidang terkait dengan ilmu genetika baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Bagi calon mahasiswa yang berminat atau ingin mendapatkan informasi selanjutnya dapat menghubungi Laboratorium Bioteknologi Kedokteran FK-Undip, Jl. Soetomo 14 Semarang Tel/Faks: (024) 8454714/ (024) 70702592 (Dina) ,(024) 8412311 e-mail di: molcytogen @yahoo.com atau konselinggenundip @yahoo. com.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment

ORIFLAME UNIVERSITY

Blog Archive

ALAMAT IP KAMU

streetdirectory.co.id

Muthofar Hadi Sponsor Umroh/Haji

PT Armina Reka Perdana adalah salah satu agen perjalanan Haji/Umrah di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1990. Ikuti jamaahnya dan dapatkan kuotanya, Bergabung Klik di sini.