Saturday 6 June 2009

SEBUAH RENUNGAN : "Mimpi Tanpa Disadari Bisa Menjadi Kenyataan"




TAK KUSANGKA KEMARIN 6 JUNI 2009

HARI LAHIR Ir. Sukarno ke-108


Topik: SEBUAH RENUNGAN


Topik: Sebuah Renungan : Peran Amerika di Indonesia

Amerika atau disebut Sekutu merupakan salah satu negara yang menjadi pemenang dalam PD II. Keterlibatan AS dalam sekutu dikarenakan Jepang menyerang pangkalan mereka di Filipina. Sehingga AS bergabung dalam sekutu berperang melawan Jepang, Jerman dan Itali. Pada akhir pertempuran AS berhasil mengalahkan JIJ (Jerman Itali Jepang).
Hindia Belanda pada saat PD II termasuk dalam Blok Sekutu di bawah pemerintahan Kerajaan Belanda. Orang-orang Hindia Belanda sendiri sudah sejak 1928 tidak ingin disebut sebagai anak Hindia Belanda. Mereka sudah membuat konggres pemuda yang menghasilkan SUMPAH PEMUDA, yaitu berbangsa Indonesia, bertanah air Indonesia dan berbahasa Indonesia.
Orang Indonesia ini pada PD II sudah mulai melawan Kerajaan Belanda dengan di bantu oleh Jepang. Jepang datang ke Indonesia tidak ingin menjajah namun ingin menyatukan ASIA. Sehingga Indonesia yang masih di bawah pemerintahan Belanda hanya menjadi penonton perebutan kekuasaan oleh Jepang di Indonesia dari tangan Belanda. Hingga akhirnya Belanda dapat diusir pergi dan jepang menjadi penguasa di Indonesia.
Pada saat kekuasaan tanah air Indonesia oleh kekaisaran Jepang, istilah Indonesia menjadi istilah baku dalam menyebut wilayah Hindia Belanda. Hingga saat jepang kalah perang dalam PD II sekutu datang ke Indonesia.
Sebelum Jepang menyerah, rakyat Indonesia di bawah komando Ir. Soekarno memproklamasikan berdirinya negara Indonesia yang merdeka.
Dengan demikian kekuasaan tanah air Indonesia ada di tangan orang Indonesia yaitu tangan bangsa sendiri. Kedatangan Sekutu/AS ke Indonesia dengan maksud membawa tawanan Jepang dan persenjataannya di boncengi tentara Belanda. Sehingga terjadi pertempuran antara orang-orang Indonesia dan tentara Belanda.
Pada era ini orang-orang Indonesia banyak dirugikan, karena wilayah Indonesia menjadi terpecah-pecah akibat campur tangan sekutu dalam menyelesaikan serangan tentara belanda di negara Indonesia yang sudah merdeka.
Dari perjanjian Linggajati, Roem Royen, Renville, hingga KMB tidak hanya wilayah Indonesia yang terpecah namun orang-orang bermusuhan satu sama lain.
Orang-orang Indonesia seperti tidak mengenal penjajahan, sehingga mereka hanya dipermainkan dalam politik dunia yang juga mendapatkan kekuasaan karena menang perang.
Mereka mendirikan PBB untuk memberikan tekanan kepada negara-negara yang kalah perang. Sehingga negara Indonesia yang ikut andil mengusir sekutu Amerika Serikat di Indonesia dengan proklamasinya menyebabkan tertekan. Bangsa Indonesia tertekan dengan PBB yang bisa menjatuhkan hukuman, atau tidak mengakui Indonesia sebagai negara.
Perjuangan orang-orang Indonesia terpecah, dalam kelompok mempertahankan RI atau melawan pemerintah RI. Bentuk perlawanan kepada RI akhirnya tidak selalu dilakukan dalam pemberontakan namun juga dilakukan dalam politik sehingga tidak banyak mengakibatkan pertumpahan darah diantara bangsa sendiri. RIS hanya bertahan beberapa bulan, hingga akhirnya para pejuang kemerdekaan menyadari kemerdekaan yang mereka proklamasikan bukan untuk terpecah-pecah dalam negara-negara kecil. Kembalilah mereka menjadi RI dengan bentuk-bentuk pemerintahan yang masih dalam tahap pemilihan, parlementer dan presidensial.
Pada akhirnya RI menyatakan sebagai RI dengan sistem demokrasi terpimpin.
AS/Sekutu memiliki pengaruh dalam keberlanjutan bangsa Indonesia. Pada era ini ideologi negara berada pada 2 pilihan komunis atau kapitalis. Dua negara adidaya Rusia dan Amerika menjadi motor penggerak kedua ideologi tersebut.
Pejuang kemerdekaan Indonesia adalah keturunan dari para pahlawan, yang telah berjuang mengusir penjajahan Belanda. Mereka memiliki darah pejuang Islam yang membela keberadaan khilafah-khilafah islam saat belanda pertama kali menjajah Indonesia. Kemudian diteruskan dengan perjuangan para pejuang untuk menjadikan agama islam tetap eksis dan menjadi agama di masa penjajahan Belanda dan Jepang.
Mereka kemudian menyatakan memilih untuk menggunakan keyakinan agamanya yaitu islam untuk mengatur negara bukan menggunakan ideologi komunis ataupun kapitalis.
Perjuangan mereka ditentang oleh orang Indonesia sendiri, sehingga mereka menjalin kerjasama dengan negara lain.
Di saat ideologi komunis mulai diakui sebagai ideologi yang sah, para pejuang muslim menjadikan AS sebagai teman untuk membantu melawan komunis indonesia yang juga berteman dengan Rusia.
Pertempuran ideologi islam dan komunis semakin memuncak dengan pendirian negara islam DI/TII, PRRI, dan PERMESTA.
Para pejuang ini bisa jadi menjadi tidak simpati lagi dengan AS karena mengecewakan perjuangan mereka. Dan mereka kemudian banyak yang kembali ke RI.
Pada akhirnya komunis Indonesia yang kemudian menggunakan tangan Rusia dan China untuk merebut kekuasaan RI. Mereka menggunakan massa rakyat untuk berontak. Mereka tidak jelas mendeklarasikan negara komunis, namun mereka menggunakan media politik partai komunis.
Keterlibatan AS sebagai negara yang menjadi teman bagi pejuang agama islam dan sebagai negara yang memusuhi ideologi komunis.
Peran ganda AS seperti ini sebagai dalang dari 2 kubu wayang. AS menjadi ppenentu kemenangan pada kubu yang dia kehendaki dengan cara-cara yang dia mainkan.
Rakyat Indonesia harus lebih berhati-hati dengan tawaran AS yang ingin membantu komunitas muslim di negara muslim. Tawaran yang dilontarkan setelah melakukan serangan udara di Afganistan dengan korban nyawa yang banyak.
Dalang permainan hanya bisa dirubah dengan dalang yang lain. Jika tidak maka sekalipun Pandawa akan dibuat sengsara tanpa ada kemenangan di Baratayudha pada permainannya.
Jadi kita ini bukan wayang, namun manusia yang menjadi dalang bagi individu, masyarakat dan negara.
Akan dibuat seperti apa masyarakat dan negara tergantung manusianya. Istilah populernya masyarakat dan negara tidak akan berubah jika masyarakat dan negara itu sendiri yang merubahnya.
Sehingga jika memang manusia Indonesia tidak memiliki lagi loyalitas kepada pemimpin yang satu, harus segera menunjuk penggantinya. Sebab perbedaan kepemimpinan ini yang akan menyebabkan permusuhan. Kearifan memandang pentingnya pemimpin ini harus menjadi tolak ukur bagi masyarakat dan negara Indonesia kedepan.
Belajar dari dekrit Presiden 5 Juli 1959 yang kemudian berdiri demokrasi terpimpin, mengakibatkan RI menjadi ada di banyak matahari. Kabinet hampir tiap tahun ganti, dengan ideologi yang berganti-ganti.
Indonesia sekarang 38 partai 6 partai lokal menjadi 44 partai, atau 44 matahari formal. Namun masih ada matahari lain diluar yang diijinkan.
Pelanggaran batas wilayah oleh tentara Malaysia, dan sejarah Malaysia dengan AS harus tidak boleh melenakan RI sekarang.
Semua dalam kerangka persatuan, namun jangan karena persatuan hak hidup agama dibatasi. Indonesia sudah lepas dari komunis, sehingga tidak ada salahnya meninjau Indonesia sebagai negara agama. Dan menciptakan komunitas islam bersama negara-negara di dunia yang memiliki aturan negara yang sama yaitu aturan negara dengan menggunakan agama islam.
Di dunia saat ini bukan bebas peperangan, padahal pada saat Indonesia masih dalam peperangan banyak negara-negara Islam juga mengalaminya. Bahkan sampai sekarang masih mengalaminya, namun Indonesia yang sudah merdeka tidak memiliki otoritas untuk membela namun hanya sebagai anggota DK PBB.
Apa peran Dk PBB di Indonesia tidak bisa dilihat merugikan Indonesia? Timur-Timur, Sipadan dan Ligitan adalah produk dari DK PBB. Apa makna kemerdekaan Indonesia bertujuan menciptakan ketertiban dunia, apa makna Indonesia yang pernah keluar dari PBB. Dan apa makna Indonesia yang tidak punya suara di PBB.
Kepemimpinan DK PBB adalah memihak, dan kita sudah merasakan sejak perjanjian Linggajati sampai lepasnya pulau Sipadan dan Ligitan.
AS tidak benar dengan sendiri sebagai bangsa menyerang Afganistan. AS berulangkali memulai perang. Indonesia dijadikan DK PBB tetapi tidak bisa melucuti AS.
AS berperang untuk kepentingan AS, tidak ada kepentingan PBB. PBB hanya kumpulan wakil negara-negara yang setuju pada AS.
AS memveto penolakan perang melawan Iraq, Indonesia dan negara peserta PBB tidak berani melawan satu suara AS.
Indonesia butuh kemerdekaan untuk berdaulat, untuk berpikir, untuk bertindak, dan untuk memilih. Indonesia butuh merealisasikannya, bukan hanya membicarakannya yang akhirnya kandas ditangan PBB atau AS.
Indonesia butuh orang yang menggerakkan bantuan untuk Palestina beberapa waktu lalu, yang berani berdaulat melakukan pembelaan kepada Palestina sebagai negara Merdeka yang diserang oleh Israel. Indonesia tidak membutuhkan pembohong, yang hanya menipu rakyat Indonesia, membuat berita gembira dan kenyataannya menyengsarakan. Membuat berita utang luar negeri Indonesia sudah lunas, kenyataannya utang luar negeri bertambah.
Indonesia tidak tergantung MPR, reformasi 1998 membuktikan kekuatan rakyat yang menggerakkan DPR/MPR setuju pergantian Presiden. Saat ini setelah reformasi DPR/MPR jangan menunggu dibunuh satu persatu sebagai gantinya demonstrasi, jangan menunggu rakyat satu persatu meninggal dalam demonstrasi, jangan menunggu dipaksa.
Pilihannya DPR/MPR menyuarakan suara rakyat untuk mengganti presiden yang telah berbohong kepada rakyat atau menjadi tumbal perubahan selanjutnya.
Reformasi telah menumbalkan rakyat dan tidak ada tumbal anggota DPR/MPR, saat ini jalan demonstrasi tidak efektif untuk pergerakan dan perubahan. Jalan efektif untuk perubahan dan pergerakan adalah meminimalisasikan korban demonstran dijalan digantikan sedikit korban di senayan. Untuk menjadikan anggota DPR/MPR bersuara menyuarakan rakyat. Dengan pembubaran DPR/MPR maka tidak akan ada yang mati.
Toleransi antar umat beragama diganti dengan toleransi beragama.
Setiap orang yang beragama akan diberikan toleransi untuk menjalankan agamanya.
Jalan mematikan DPR/MPR itu adalah rakyat hanya menggunakan agamanya dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Tidak bersedia terikat dengan produk-produk DPR/MPR.
1. Semua bentuk UUD, UU, Perpu, PP, Perda, dinyatakan tidak berlaku
2. Tidak ada hukum yang berlaku dari hasil DPR/MPR sejak mulai berdiri hingga yang sekarang
3. Rakyat hidup dalam aturan agamanya.
4. Rakyat memilih sendiri pemimpin mereka dalam menjalankan agamanya sesuai tempat tinggalnya masing-masing. Dan dibolehkan saling terkait dengan daerah lain dalam wilayah Indonesia.
5. Peselisihan yang terjadi diselesaikan di pimpinan masing-masing dengan cara musyawarah dan keadilan
6. Semua rakyat yang tidak memiliki pemimpin memimpin dirinya sendiri untuk taat beragama
7. Pelanggaran aturan agama diselesaikan ditempat dengan hukum agama oleh hakim agama setempat.
8. Usaha yang sesuai agamanya terus dijalankan
9. Usaha yang melanggar agamanya ditindak sesuai agamanya oleh pemimpin agama didaerah tersebut, jika menyangkut dua agama atau lebih diselesaikan dengan musyawarah antar pemimpin agama.
10. SEBUAH RENUNGAN UNTUK INDONESIA SEJAHTERA tidak berideologi tetapi beragama

No comments:

Post a Comment

ORIFLAME UNIVERSITY

Blog Archive

ALAMAT IP KAMU

streetdirectory.co.id

Muthofar Hadi Sponsor Umroh/Haji

PT Armina Reka Perdana adalah salah satu agen perjalanan Haji/Umrah di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1990. Ikuti jamaahnya dan dapatkan kuotanya, Bergabung Klik di sini.